Jumat, 16 Maret 2012

TROPICAL CYCLON LUA

Sekali-sekali ngoceh tentang cuaca ala saya xoxoxo

Bagi yang tinggal di wilayah Jawa Timur, Bali, Lombok Sumbawa dan sekitarnya beberapa hari terakhir ini mengalami cuaca buruk yaitu badai (angin kencang dan hujan lebat)....What happened aya naon yak? Setelah cek ricek dari berbagai website Meteorologycal Agency ini dia biang keladinya....

www.bom.gov.au

Dari gambar di atas terlihat adanya wilayahn tekanan rendah di Barat Laut Australia resmi dinamakan Tropical cyclon LUA oleh Australian Government Bureau of Meteorology sejak tanggal 13 Maret lalu.

Citra satelit Infra Red 09.15 WIB (www.aviationweather.gov)

Dari cita satelit Infra Red di atas, dapat kita lihat adanya siklon tropis LUA berupa kumpulan awan berwarna putih yang cukup tebal di barat laut Australia.

Seperti yang kita ketahui, adanya wilayah tekanan rendah (siklon tropis) akan menyebabkan tarikan udara dengan kecepatan tinggi dari wilayah di sekitar nya menuju pusat siklon yang tentunya akan berpengaruh pada wilayah-wilayah yang terletak di sekitar ekor siklon tropis tersebut.

Lalu, apa pengaruhnya? Cekidot

streamline lapisan 3000 feet 6 Maret 2012 (www.bmkg.go.id)

Dari data streamline di atas nampak adanya kecepatan angin mencapai 36 Knot (72 km/jam) di wilayah Jawa, Selatan Jawa, Bali, Lombok, dan Sumbawa. Tumpukan awan dari citra satelit dapat menggambarkan secara umum cuaca pada saat itu..dimana semakin tebal awan di suatu wilayah, maka potensi terjadi cuaca buruk berupa angin kencang dan hujan pun semakin besar.

Lalu pengaruhnya terhadap tinggi gelombang dapat dilihat pada gambar berikut :

www.maritim.bmkg.go.id

Tinggi gelombang mencapai 3-7 meter untuk sebagian besar wilayah perairan di Indonesia (yang berwarna merah - ungu).

Lalu sampai kapan?

Berikut adalah perkiraan arah gerak siklon tropis. Pada tanggal 17 diperkirakan sikln tersebut masuk daratan Australia, yang mana siklon kekuatan siklon akan mulai berkurang.

www.bom.gov.au

So, buat yang tinggal di daerah yang kena dampak dari siklon tersebut harap bersabar, tetap hati-hati dan waspada terhadap cuaca buruk yaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar