Rabu, 26 Maret 2014

[REVIEW] GUITALELE YAMAHA GL-01


Cerita awalnya beli guitalele ini awalnya saya tertarik belajar ukulele karena bentuknya yang kecil sepertinya memudahkan dibawa kemana-mana * Gitar jumbo saya ga memungkinkan banget ditenteng kemana-mana*. Berhubung keliling toko2 alat musik di Padang gak nemu ukulele , akhirnya belilah Guitalele ini seharga 500K di toko alat musik (lupa namanya) Jl. Permindo Pasaraya Padang. Awalnya terasa asing sekali suaranya +.+, mungkin karena terbiasa memakai dan mendengar gitar Fx310 senar steel ya, jadinya bener-bener aneh rasanya mendengar suara dari gitar nylon ini. Tapi lama-kelamaan terbiasa dan malah Yamaha guitalele ini lebih sering saya pakai daripada gitar Yamaha jumbo saya, karena ya itu tadi, anti ribet hahaha.



Untuk tuning standar nya bisa diliat di bawah ini :
senar 6 : A
senar 5 : D
senar 4 : G
senar 3 : C
senar 2 : E
senar 1 : A

Karena macem itu tuningnya, chord-chord yang biasa kita mainkan di gitar biasa naik 2,5. Atau main di capo di fret ke-5 pada gitar biasa. Hal ini menguntungkan bagi saya pada beberapa lagu yang biasanya kerendahan, saya ga perlu deh pasang-pasang itu Capo. Tapi bakal ribet ngerendahin chord pas ketemu lagu-lagu yang ketinggian. Maklum ye..masih newbie  ahihiyy..

berikut di bawah ini sample suaranya :






Penampakan gambarnya :




Mau nanya2 tentang guitalele, sapa tau saya bisa bantu.WA: 085664474969.

32 komentar:

  1. Keren.. Sy jg punya dari 2 th yg lalu, lgsg naksir semenjak liat dipake anang di tv. He he.. Emang awal2 terdengar asing tone- nya.. Lama2 terbiasa.. Sepakat bgt Kelebihannya y praktis klo dibawa traveling. He he

    BalasHapus
  2. Keren.. Sy jg punya dari 2 th yg lalu, lgsg naksir semenjak liat dipake anang di tv. He he.. Emang awal2 terdengar asing tone- nya.. Lama2 terbiasa.. Sepakat bgt Kelebihannya y praktis klo dibawa traveling. He he

    BalasHapus
  3. @aji pamungkas...wah udah lama punyanya hehe...yups bener lama2 terbiasa juga sama tone nya :)

    BalasHapus
  4. mau nanya dong chordnya sama atau beda sih dengan chord gitar biasa hehe sorry soalnya newbie thank you :)

    BalasHapus
  5. bentuk chord nya sama. chord C di guitalele bentuknya sama kayak chord c di gitar. hanya saja ketika dibunyikan nadanya lebih tinggi kayak di transpose gitu :)

    BalasHapus
  6. Boleh share gmn cara main nya gak?

    BalasHapus
  7. Saya punya guitalele. Tp udah di tuning seperi gitar biasa. Kok rasanya nadanya jadi rendah, apa chordnya beda? Ada beberapa artikel saya baca chordnya beda

    BalasHapus
  8. kak, mau nanya, saya barusan beli gitarlele yg merk legacy, trus saya stem pake alat stem. nah stlh itu, saya coba yg senar 1 nya kok rasanya kenceng banget ya? jadinya agak nyaman kalo mau metik. kalo punya mbak nya apakah kayak gitu? biasa stem pake apa ka? mohon balasannya ya . terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya biasanya pakai alat stem digital yang dijepit di kepala gitarnya.harusnya kalo bener stem nya ga terlalu kenceng yah :). Kalo senar masih baru , senar 1-3 sering lari nadanya jd harus sering di stem. Setelah Pake aja sering2 ga lari2 lg.

      Hapus
  9. Mau nanya dong ka , ko di Guitalelenya bisa di tambah gambar gitu ka , bikinnya dimana ka ? , saya mau dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Digambar sendiri aja pakai board marker trus dioles kuteks bening biar ga luntur hehe :)

      Hapus
    2. Digambar sendiri aja pakai board marker trus dioles kuteks bening biar ga luntur hehe :)

      Hapus
  10. Saya jual guitarlele gl-1 ori bekas kondisi minus sedikit di bagian pinggir mau dimaharin 375 aja bonus capo pict??? Hub wa 087880525881

    BalasHapus
  11. Saya jual guitarlele gl-1 ori bekas kondisi minus sedikit di bagian pinggir mau dimaharin 375 aja bonus capo pict??? Hub wa 087880525881

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. Mba saya baru mauu beli nih, bingung tapinya, saya kan baru bgt mau belajar gitar, itu chordnya beda sama gitar biasa ya? Lebih susah buat dipake dong? Mohon balasannya yaa^^

    BalasHapus
  14. Untuk ganti senar pake senar gitar biasa kah? kalo pake senar biasa bukannya tension senarnya juga beda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa. memang pakainya senar gitar nylon.ukran panjang senar gitaar dan guitalele kan emang beda, otmatis beda tension, karakteristik suaranya pun beda ^__^ CMIIW

      Hapus
    2. Mau nanya dong.. kalo senar nylon sama steel enak mana? Makasihh

      Hapus
    3. Enakan nylon dr segi kenyamanan. Ga menyakiti jari..hehe..kalo dr segi suara yg dihasilkan, saya suka steel. :)

      Hapus
    4. Maksud dari chord-chord yang biasa kita mainkan di gitar biasa naik 2,5 apa yah mbak? Maaf saya pemula :v

      Hapus
  15. Kalau gitarlele senarnya steel gimana kak gpp th?

    BalasHapus
  16. Mau tanya merk senar khusus guitalele apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai evan, setau saya ga ada. pakai senar nylon untuk gitar :)

      Hapus
  17. kok wanya gk ada siis? mw nanya nih soalnya bru pake gitarlele udh di steel yg sesuai kok pas di mainin malah ancur suaranya.. apa senarnta harus diganti nylon ya?soalnya masih pake senar bawaanny, senar gitar biasa /string

    BalasHapus
  18. toko silungkang namanya uni, cukup rekomended di kota padang. salam kenal uni ��

    BalasHapus
  19. Hai ka siska, aku baru beli guitalele nih tp masih bingung banget. Chordnya sama atau gak ya sm guitar? Terima kasih kak

    BalasHapus
  20. Ka, mau tanya, aku baru beli guitalele, tp ga ngerti cara nyetem nya, karna baru mau belajar juga, gimana yah ka cara nya? Atau pake aplikasi di smartphone gitu?

    BalasHapus
  21. Hey aku juga suka bermain guitalele. Aku upload permainan2 ku di fb ku 'Tito Dwi Nugroho' ayo saling sharing ^^

    BalasHapus
  22. Help me gais!
    Wa;085850895692

    BalasHapus