Rabu, 27 April 2016

Mengatasi “The ink absorber is full” Canon Pixma 1980

Pernahkan kamu mengalami hal seperti ini?




Printer saya Canon Pixma IP 1980 telah mengalami masalah ini sejak beberapa bulan yang lalu. Selama ini hanya saya atasi dengan cara menekan tombol resume selama beberapa detik tiap muncul pesan di atas. Sampai akhirnya cara tersebut tidak mempan lagi.

Setelah browsing sana-sini ternyata  printer canon jenis apapun sudah di-set ada chip di dalam printer untuk menghitung sudah berapa banyak pemakaianprinter tersebut untuk mencetak. Ketika sudah tercapai angka maksimal yang telah ditentukan oleh pihak Canon maka printer akan menunjukkan pesan error dan tidak bisa digunakan untuk mencetak sehingga perlu di reset ulang. Karena me-reset manual sudah tidak mempan, kita perlu menggunakan software resetter. Untuk Untuk me-reset Canon Pixma IP1980, perlu mempunyai software-nya resetter di sini . Namun Saat menjalankan software General Tool muncul pesan error not responding. Untuk diketahui, laptop saya menggunakan sistem Windows 7. Sementara software resetter untuk printer canon pixma IP1980 tersebut hanya compatible di windows XP. Oleh karena itu lankukan trik sederhana ini agar software resetter tersebut tetap bisa digunakan di windows7

  1. klik kanan aplikasi general tool 
  2. klik properties 
  3. klik compatibility
  4. klik run program in compatibility mode for > pilih windows XP SP 2 
  5. klik run this program as an administrator 
  6. OK

Jalankan aplikasi General tool
 Lakukan langkah-langkah  di bawah ini :
  1. Centang Cleaning dan EEPROM Clear.
  2. Tekan tombol Lock Release agar Option Set Destination aktif.
  3. Tentukan merek printer yang akan di-reset, pada tutorial ini saya gunakan resetter Canon IP 1880. Tapi jangan takut resetter ini juga bisa digunakan untuk Canon Pixma IP 1980.
  4. Klik tombol Main.
  5. Jalankan Cleaning A, B, C, D sampai selesai.
  6. Letakkan beberapa lembar kertas pada printer, kemudian melakukan Test Pattern 1, 2, 3 sampai selesai.
  7. Terakhir tekan tombol Head Test Pattern
ini pengalaman baru saya me-reset printer  dengan software resetter ^__^ . Semoga bermanfaat.

1 komentar: